Jumat, 31 Desember 2010

BLEDUG KUWU, BENARKAH SALT LAKE-NYA INDONESIA?


Terletak di kecamatan Kradenan, kabupaten Grobogan Bledug Kuwu memiliki kemiripan dengan Salt Lake di Amerika Serikat. Konon menurut para peneliti padang garam itu berasal dari dangkalan laut yang kemudian berubah menjadi daratan yang sangat luas. Lain halnya dengan dangkalan yang terdapat di Indonesia yang memiliki karakteristk tersendiri dan berbeda dengan yang ada di negara lain.

Bledug Kuwu secara periodik meletupkan lumpur ke atsa bersamaan dengan keluarnya asap, gas dan juga air garam. Dengan luas mencapai 45 hektar, kawasan ini menjadi objek wisata lokal yang cukup menarik untuk dikunjungi.
Letupan Bledug Kuwu yang terbesar mencapai kurang lebih 530 cm dan yang terkecil sekitar 90 cm. Sedang luas kawah Bledug Kuwu memiliki lebar 890 cm.
Bledug yang terbesar berada di sebelah timur, masyarakat setempat menyebutnya sebagai Joko Tuwo dan terkecil berada disebelah barat dengan nama Roro Denok.
Tempat ini sangat mudah untuk dikunjungi karena berada persis di sisi jalan yang menghubungkan kota Purwodadi dengan wilayah timur seperti Blora, Cepu dan Jawa Timur. Bisa juga di tempuh melewati kabupaten Sragen. Dari kota Sragen berjarak kurang lebih 47 km kearah utara melewati kecamatan Tangen yang berbatasan langsung dengan kecamatan Kradenan ( Grobogan ) dimana Bledug Kuwu berada. Selamat berwisata.@@

Tidak ada komentar:

Posting Komentar