Minggu, 02 Januari 2011

PARANGKUSUMO, YANG SAKRAL DAN BERAROMA MAGIS


Parangkusumo merupakan Pantai yang masih berada dalam satu kawasan dengan Pantai Parangtritis di Jogja. Di komplek Pantai Parangtritis sendiri terdapat tiga tempat yang merupakan satu kesatuan. Parangtritis, Parangkusumo dan satu lagi Parangwedang. Berbeda dengan Parangtritis dan Parangkusumo yang merupakan pantai , Parangwedang adalah sumber air panas yang bisa untuk pengobatan, terutama penyakit kulit.

Di Pantai Parangkusumo ada sebuah tempat yang disakralkan, dimana tempat yang berupa gundukan batu dari sebuah peristiwa geologi pada ribuan tahun lalu itu, dipercaya sebagai tempat bertemunya Panembahan Senopati dan raja-raja Mataram beserta keturunannya dengan Nyai Roro Kidul. Dalam bangunan yang disebut Puri Cepuri itulah konon sang Nyai bertemu dengan sang raja yang bergelar Senopati ing alogo itu.

Maka tidak heran bila anda sempat berkunjung kesana, akan menyaksikan orang-orang yang ngalap berkah dengan membuat sesaji berupa kembang dan membakar kemenyan. Nuansa sakral dan aroma magis sangat kental terasa. Untuk sekedar menambah wawasan tempat ini sangat menarik untuk dikunjungi. Sedang untuk percaya atau tidak tentu kembali kepada diri masing-masing. Tempat ini paling tidak akan membuktikan keterkaitan Kraton dengan laut selatan, terlepas anda percaya atau tidak akan keberadaan Nyai Roro Kidul juga kisah cintanya dengan Panembahan Senopati atau raja-raja Mataram beserta keturunannya.@@

Tidak ada komentar:

Posting Komentar