Rabu, 08 Desember 2010

GOA SELARONG, TEMPAT BERSEJARAH YANG KURANG DIKENAL


Dibanding dengan goa-goa lain seperti goa Jatijajar di kabupaten kebumen atau goa Tabuhan dan goa Gong di kabupaten Pacitan dan juga goa-goa di kawasan karst selatan Jawa lainnya seperti di Gunung kidul dan Pracimantoro Wonogiri gua selarong memang kalah pamor, tetapi untuk masyarakat Jogja dan sekitarnya tempat ini sangat familiar.

Goa yang tidak seperti goa pada umumnya yang dalam dan bisa ditelusuri, goa ini hanya berbentuk seperti ceruk pada dinding tebing di sebuah bukit. Goa yang terletak didesa Guwosari kecamatan Pajangan kabupaten Bantul atau kurang lebih 15 km selatan kota Jogja ini memiliki kaitan sejarah yang cukup penting dalam perjuangan melawan penjajah kolonial belanda. Goa ini dipercaya sebagai tempat persembunyian dan juga markas Pangeran Diponegoro ketika perang melawan penjajah belanda antara tahun 1825 - 1830 silam. Sebagai tempat bersejarah, tempat ini kini dikembangkan dan ditata lebih apik dengan dibangun tangga untuk naik ketempat yang konon dipercaya sebagai tempat persembunyian sang pahlawan.

Yang menarik lagi ditempat ini juga juga dibangun patung Diponegoro dan terdapat air terjun dan juga situs yang berupa sebuah sendang. Tersedia juga gardu pandang dan tempat istirahat baik dibawah maupun diatas, cukup untuk istirahat setelah kelelahan menaiki anak tangga yang sebenarnya tidak terlalu tinggi. Untuk mencapai tempat ini tidak terlalu sulit, karena telah didukung dengan jalan yang cukup mulus, meski sampai saat ini belum ada angkutan umum yang melewati daerah tersebut. Jadi untuk menuju tempat itu harus menggunakan mobil pribadi atau menyewa mobil sendiri.@@

2 komentar:

  1. terimakasih atas beritanya, ternyata cukup informative , saya suka sekali membacanya dan kalau boleh kasi saran sebaiknya diperbanyak informasi tentang daerah wisata yang belum pernah dimuat agar banyak pengunjung untuk datang,
    Blok saya www.bplst-opsar.com

    BalasHapus
  2. Buat mas Kusdijanto thanks atas respon positifnya. Insyalaah mas. Mari saling tukar informasi yang insyaallah bermanfaat untuk banyak orang.

    BalasHapus