Selasa, 21 Desember 2010

JOGJA, SUDAH ISTIMEWA SEJAK JAUH SEBELUM INDONESIA MERDEKA


Nagari Ngayogyakarta Hadiningrat sudah istimewa sebelum Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY ) lahir atau jauh sebelum Indonesia merdeka. Terbentuknya Nagari Ngayogyakarta Hadiningrat melalui proses yang sangat panjang. Semua itu berangkat dari filosofi baik meliputi letak Kraton Yogyakarta secara geografis, konsep tata ruang, dan filosofi Kraton Yogyakarta, hingga filosofi vegetasi ( tanaman ) sangat melekat dengan Kraton Yogyakarta.
Berawal dari Raja Kartosuro yang sekaligus ayahanda Pangeran Mangkubumi, Sunan Amangkurat IV ( Sunan Amangkurat Jawi ) yang pernah mendapat wisik ( ilham ) bahwa wahyu Kraton jatuh di desa Pacethokan, alas Beringan yang saat ini berdiri Kraton Yogyakarta.
Oleh Sunan Amangkurat Jawi tempat beliau mendapat ilham kemudian dibangun pesanggrahan yang bernama Garjitawati. Kemudian oleh Sunan Pakubuwono II, putra Sunan Amangkurat IV sekaligus kakanda Pangeran Mangkubumi, nama pesanggrahan Garjitawati kemudian diganti menjadi Ngayogya.

Secara geografis Kraton Yogyakarta diapit oleh 6 sungai yang simetris. Di sisi timur ada sungai Code, sungai Gajah Wong dan sungai Opak. Sedang di sisi barat terdapat sungai Winongo, sungai Bedog dan sungai Progo. Sedangkan disebelah utara ada gunung Merapi dan sebelah selatan Samudra Indonesia ( laut kidul ). Penentuan letak Kraton Yogyakarta oleh Pangeran Mangkubumi ( Sultan Hamengkubuwono I ) di lkasi ini dapat dianalogikan dengan pemilihan lokasi bangunan suci, bahkan menurut kepercayaan agama hindu tempat semacam ini merupupakan tempat yang disucikan ( sanctuary area ).

Demikian di ungkapkan ketua Dewan Kebudayaan DIY, KRT Widya Anindita ( Ir. Yuwono Sri Suwito MM ) kepada Harian Kedaulatan Rakyat. Menurutnya dengan tata ketak Kraton Yogyakarta dan filosofi yang mendasarinya, ditambah dengan pengaturan ruang dan bangunan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I yang sarat dengan makna simbolis dan filosofis, maka tidak berlebihan bila dikatakan Yogyakarta sudah istimewa sejak pendiriannya, jauh sebelum propinsi DIY terlahir, jauh sebelum Indonesia merdeka.@@ ( Sumber : Kedaulatan Rakyat )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar