Sabtu, 27 November 2010

JALAN MALIOBORO, MAKNA DAN ARTI PENTINGNYA


Jalan Malioboro merupakan jalan yang sangat terkenal di Jogjakarta, saking terkenalnya mungkin orang merasa belum afdol kalau berkunjung ke Jogja tak mampir di jalan yang sangat fenomenal itu. Malioboro menurut sebuah sumber konon berasal dari kata, Maliya saka bara yang konon berarti mulia dari pengembaraan. Sumber yang lain sebuah artikel di Kompasiana juga pernah menjelaskan bahwa kata Malioboro berarti Jalan Bunga, karena menghubungkan jalan Pasar Kembang di utara dengan kawasan Pasar Gede ( Beringharjo ) dan kawasan pecinan di selatan. Dan menurut konsepsi islam yang merupakan dasar dari segala konsepsi pembangunan Kraton, juga bisa diartikan nganggo obor ajaraning para wali.

Keberadaan jalan Malioboro juga tak bisa dipisahkan dengan keberadaan kraton Jogja, karena jalan itu berada lurus keutara mengarah ke Tugu Jogja. Kini jalan Maliboro merupakan pusat pemerintahan karena kantor gubernur dan kantor DPRD ada diwilayah itu. Disamping itu kawasan itu kini merupakan kawasan bisnis yang berkembang pesat dan juga merupakan kawasan yang bersejarah, Malioboro kini menjadi salah satu pusat wisata yang sangat penting dan ikut melambungkan nama Jogja sebagai kota tujuan wisata. Yang menarik lagi di tempat ini segala macam transpotasi baik yang tradisional seperti becak dan andong serta yang modern seperti bis kota dan taksi berpadu tanpa merasa ada persaingan di antara mereka.
Sebagai tujuan wisata Malioboro sangat menarik karena merupakan pusat jajanan dan juga pusat cinderamata, yang tentu sangat dibutuhkan para wisatawan sebagai oleh-oleh. Dilengkapi dengan hotel-hotel yang terus dibangun, baik yang non bintang dan berbintang, serta pusat belanja moderen, Malioboro kini sempurna mengukuhkan Jogja sebagai kota tujuan wisata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar